Mengenal Apa itu DNS (Domain Name System)

Mengenal Apa itu DNS (Domain Name System)

DNS dan DNS Server

Domain Name System (DNS) adalah sebuah standard dalam technology untuk mengatur penamaan publik dari sebuah situs website atau domain internet. Dengan adanya Teknologi DNS, memungkinkan anda untuk mengetikkan atau menulis nama atau domain ke sebuah web browser (misal www.bestariwebhost.com) dan Komputer Anda akan secara otomatis menemukan alamat IP dari domain tersebut di internet. Elemen kunci dari DNS adalah seluruh DNS Server yang ada di dunia.

DNS server adalah komputer / server yang terdaftar dan terhubung ke Domain name System (DNS). DNS Server bertugas menjalankan software networking khusus, yang memetakan alamat IP yang berisi database nama network dan internet hostname.

DNS Root Servers

DNS servers melakukan komunikasi antar satu dengan yang lainnya melalui private network. Semua DNS Server terorganisir dalam sebuah hierarchy (level). Di level paling atas (top level) hierarchy, biasa disebut sebagai root servers yang mnyimpan database lengkap dari nama domain internet beserta Alamat IP yang terhubung dengan domain internet tersebut. Internet memiliki 13 Unit root servers yang terkenal dengan peran khusus mereka.

Root server dikelola oleh berbagai lembaga, dan diberinama alphabet A, B, C sampai M. 10 Server berlokasi di USA, 1 di Japan, 1 di London, dan 1 lagi di Stockholm, Swedia.
13 root server itu adalah:
apa itu dns, dns adalah, domain name system, mengenal dns

bagaimana cara Kerja DNS Server

DNS adalah sebuah system terdistribusi, artinya hanya ada 13 root server yang berisi database domain internet beserta alamat IP yang terhubung dengannya. Semua DNS Server lain yang terhubung ke Internet harus berada di bawah 13 root server ini.

DNS Server yang berada di bawah root server rata rata dimiliki oleh perusahaan swasta atau oleh ISP (Internet Service Providers). Sebagai contoh, Google mengelola berbagai DNS Server di seluruh dunia untuk memanage google.com, google.co.uk, dan domain google lainnya. ISP juga mengelola DNS Server sebagai bagian dari setup koneksi internet yang menghubungkan komputer Anda ke internet.

Public DNS Servers

Public DNS Server adalah server yang bisa kita gunakan untuk menerjemahkan alamat domain menjadi alamat IP yang bisa dikenal oleh internet. DNS server ini minimal terdiri dari 2 IP yaitu primary DNS Server dan Secondary DNS Server. Kedua IP ini wajib kita masukkan di konfigurasi internet networking PC kita.
Beberapa Public DNS Server yang sering digunakan adalah:

NoProviderIP Primary DNSIP Secondary DNS
1Google8.8.8.88.8.4.4
2Open DNS208.67.222.222208.67.220.220

Jika anda ingin mengetahui semua Public DNS dari semua negara yang bisa Anda gunakan, Anda bisa mengunjungi situs https://public-dns.info//

Named Server

Name server adalah Server yang bertugas menampung DNS Record dari sebuah domain. Jumlah Named Server dari satu domain minimal 2 walaupun masih dalam 1 IP. contoh dari Name server adalah seperti yang digunakan oleh bestariweb Host yaitu:
ns1.bestariwebhost.com
ns2.bestariwebhost.com
ns3.bestariwebhost.com
ns4.bestariwebhost.com

Keempat Named server tersebut bertugas memetakan alamat IP dari domain bestariwebhost dan sub domain yang ada di bawahnya, termasuk pula memetakan dimana letak mail servernya dan beberapa DNS record lain yang berfungsi sebagai security dan validator seperti DKIM dan SPF.

Silahkan baca artikel kami yang lain Mengenal DNS Record untuk mempelajari lebih jauh apa itu DNS Record

Semoga bermanfaat

Sumber:
1. http://compnetworking.about.com/od/dns_domainnamesystem/f/dns_servers.htm
2. https://www.iana.org/domains/root/servers

About the Author

Leave a Reply

 CS1 
 CS2